May 21, 2014

Cegah Kanker Kulit? Konsumsi Makanan Ini


Oleh MeetDoctor.com | Yahoo SHE – Rab, 16 Apr 2014


Global warming tengah terjadi dan menyebabkan lapisan ozon yang semakin menipis sehingga menyebabkan sinar ultraviolet (UV) dari matahari lebih mudah menembus bumi. Akibatnya, kulit yang langsung terkena paparan sinar UV berisiko terkena kanker kulit.

Kanker kulit sendiri adalah pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal, terutama pada kulit yang sering terpapar sinar UV, misalnya kulit kepala, wajah, bibir,, telinga, leher, dada, tangan dan kaki. Pada beberapa bagian tersebut biasanya akan menimbulkan benjolan mengkilat seperti bekas luka, kulit bersisik, dan kemerahan. Tidak hanya itu, tahi lalat juga dapat berubah bentuk dan ukuran, serta berdarah.

Nah, untuk mengurangi risiko tersebut Anda dapat mulai dengan merawat kesehatan kulit, terutama bagi Anda yang bekerja di luar ruangan. Banyak cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan pencegah kanker kulit. Seperti:

1.    Ikan salmon
Selain rasanya yang enak dan disukai oleh hampir semua orang, ikan salmon merupakan makanan yang kaya akan omega-3. Nah, perlu Anda ketahui, omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon berfungsi untuk menangkal peradangan dan mengatasi efek buruk cahaya matahari pada kulit. Selain itu, protein dan selenium yang terkandung pada ikan salmon juga dapat membantu kulit dalam menyembuhkan luka pada kulit.

2.    Kunyit
Selama ini, kunyit memang dikenal sebagai rempah-rempah yang dipakai untuk bumbu masakan. Namun, kunyit juga bermanfaat untuk mencegah kanker kulit. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung sumber utama kurkumin yang merupakan senyawa aktif polifenol yang dapat melawan perkembangan kanker kulit. Kurkumin pada kunyit juga dapat mengurangi peradangan dan bekerja sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan kulit.

3.    Teh hijau
Selain berfungsi untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga mempunyai antioksidan polifenol yang dapat memberikan perlindungan dari sinar matahari yang bisa merusak kulit. Selain itu antioksidan dalam teh hijau juga dapat mencegah kerusakan dan memperbaiki DNA, serta menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi.

4.    Tomat
Salah satu buah yang banyak mengandung lycopene adalah tomat yang berfungsi membantu mencegah kanker kulit. Selain itu, tomat juga dapat mengobati kulit yang terbakar sinar matahari. Dan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa partisipan yang makan tomat selama 10 minggu memiliki risiko terbakar matahari 40 persen lebih rendah dari yang tidak atau kurang makan tomat.

Beberapa jenis makanan di atas dapat membantu Anda mencegah terjadinya kanker kulit. Namun, Anda pun harus tetap menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Source: https://id.she.yahoo.com/cegah-kanker-kulit--konsumsi-makanan-ini-112525968.html

Bynaturael Products:
Natural Hair Care
Liquid Castile Soap
This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment