Jan 21, 2015

Alasan si Kurus Punya Kolesterol Tinggi


Merry Wahyuningsih, CNN Indonesia


Jakarta, CNN Indonesia -- Kolesterol memang identik dengan orang-orang bertubuh gemuk. Namun, bukan berarti orang bertubuh gemuk bebas dari serangan kolesterol jahat. Kolesterol bisa menyerang siapa saja, baik gemuk maupun kurus.

Orang yang mengalami obesitas atau kegemukan memang berisiko lebih tinggi mengalami kolesterol tinggi, karena metabolisme lemak dalam tubuh berubah lantaran adanya resistensi insulin. Namun, si kurus yang tidak bisa menjaga pola hidupnya juga bisa mengalami kolesterol tinggi.

Mengapa demikian? Dilansir dari laman galloinstitute.org, berikut alasan mengapa orang bertubuh kurus juga bisa mengalami kolesterol tinggi:

1. Kurang bergerak
Salah satu alasan utama mengapa orang kurus memiliki kolesterol tinggi adalah karena mereka tidak melakukan olahraga secara teratur. Hal ini meningkatkan kadar asam lemak jenuh, yang meningkatkan kadar kolesterol.

Juga, kebanyakan orang menggunakan gadget terbaru untuk menyelesaikan aktivitas sehari-hari yang semakin mengurangi tingkat aktivitas mereka. Terlalu banyak menonton televisi atau menggunakan komputer, yang mengurangi aktivitas fisik juga berkontribusi meningkatkan kolesterol.

2. Kebiasaan makan
Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh secara teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol. Beberapa makanan yang kaya kolesterol jahat adalah kuning telur, daging babi, udang, margarin, dan hati. Kebanyakan orang kurus makan lebih sedikit makanan tetapi mereka masih menderita kolesterol tinggi karena mereka tidak makan makanan bergizi.

3. Alkohol
Minum alkohol berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ketika Anda minum terlalu banyak, alkohol tidak dapat dimetabolisme oleh tubuh yang meningkatkan tingkat low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

4. Stres
Gaya hidup sibuk telah meningkatkan level stres, yang merupakan salah satu penyebab utama dari kolesterol tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan level stres dapat menyebabkan akumulasi glukosa dan asam lemak yang meningkatkan kolesterol.

5. Gen
Gen Anda juga bertanggung jawab untuk meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol diproduksi oleh hati, juga ditambah dari makanan yang Anda makan. Gen memengaruhi fungsi hati dalam hal ini.

http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150113170105-255-24365/alasan-si-kurus-punya-kolesterol-tinggi/

Bynaturael Products:

Liquid Castile Soap with essential oil
Sabun mandi olive oil (Liquid Castile Soap)
This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment