Apr 12, 2018

Bagaimana Cara Membedakan Daging Ayam yang Disuntik? Ini Kata Pakar


Azmy Cahya Ramadhaniar – detikHealth

Jakarta, Salah satu kekhawatiran saat mengonsumsi ayam adalah residu antibiotik. Untuk mempercepat pertumbuhan ayam, terkadang peternak menyuntikkan antibiotik sebagai growth factor.

Bisakah ayam-ayam hasil suntikan tersebut dibedakan dari ayam yang sehat? Direktur Kesmavet (Kesehatan Masyarakat Veteriner) Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh Syamsu Ma'arif, MSi menjelaskannya kepada detikHealth baru-baru ini.

"Sebenernya secara dilapangan itu, sudah gak ada ayam yang disuntik-suntik (antibiotik). Zaman sekarang mainnya gimana caranya pakan makanan ternak tersebut dibuat sebaik mungkin," kata drh Syamsu.

Namun demikian, diakuinya masih ada bentuk kecurangan lain yang sering ditemukan. Beberapa pedagang 'nakal' menyuntikkan air pada daging ayam sehingga kelihatan lebih gemuk dan segar ketika dijual.

Untuk mengenali ayam-ayam yang disuntik air seperti itu, drh Syamsu memberikan beberapa tips sebagai berikut:

1. Ayam suntik ketika dipegang kerasnya tidak terlalu padat. Semakin ayam itu ditekan maka semakin lembek, sedangkan pada ayam yang tidak disuntik elastis dan bagian otot dan paha ayam terlihat kenyal.

2. Pada saat ayam tersebut dipegang dan ditekan berkali-kali dengan jari banyak air yang menetes ke bawah sedangkan ayam segar tidak terlalu banyak air yang menetes.

3. Waktu ditimbang berat ayam tidak wajar sama bentukan tubuhnya, jadi tidak seimbang. Karena dalam kenyataannya ayam yang dijual di pasar beratnya tidak sampai 2 kilogram.

4. Pembeli juga bisa lihat di sekitaran ayam banyak genangan air atau tidak. Kalau banyak berarti ayam tersebut disuntik (karena lama-lama air akan menyusut sendiri). Pada ayam segar tidak terlalu banyak genangan di sekitar ayam.

5. Kulit pada ayam suntik terlihat lebih mengkilap, sedangkan pada ayam segar berwarna putih-kekuningan.

https://health.detik.com/read/2017/11/10/072322/3721164/763/bagaimana-cara-membedakan-daging-ayam-yang-disuntik-ini-kata-pakar?_ga=2.214806420.2048343535.1510105885-1452301523.1501466821

Bynaturael Product:
Liquid Castile Soap











Dapat dibeli di (scan QR code):









This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment