Jun 6, 2014

Ini 7 manfaat kesehatan cokelat hitam yang harus diketahui!Natural


Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum | Senin, 3 Maret 2014 10:24

Merdeka.com - Cokelat merupakan makanan yang disukai oleh banyak orang. Berbagai jenis cokelat memiliki rasa yang lezat. Tak hanya lezat, cokelat juga mempunyai banyak manfaat untuk peningkatan kesehatan Anda. Salah satunya adalah cokelat hitam.

Berikut adalah manfaat dari mengonsumsi cokelat hitam seperti dilansir dari care2.com.

Kaya akan nutrisi
Cokelat hitam merupakan jenis cokelat yang masih belum tercampur dengan zat tambahan lainnya. Sebatang cokelat hitam terdiri dari 70-85% kakao yang mengandung 11 gram serat, 67% iron, 58% magnesium, 89% tembaga, 98% mangan, serta kalium, fosfor, seng, dan selenium. Selain itu cokelat hitam juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan.

Sumber zat antioksidan yang baik
Cokelat hitam kaya akan zat antioksidan seperti polifenol, flavanol, dan catechin yang baik untuk melindungi sel-sel tubuh Anda dari zat radikal bebas.

Meningkatkan aliran darah dan tekanan darah rendah
Kandungan flavanols di dalam cokelat hitam mampu merangsang endothelium untuk memproduksi Nitric Oxide (NO) yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lancar.

Melindungi HDL dan LDL dari oksidasi
Dengan terlindunginya LDL dan HDL di dalam tubuh maka hal ini akan membuat aliran darah menjadi lancar. Selain itu cokelat hitam juga mampu mengurangi resistensi insulin yang bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes.

Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular
Senyawa yang ada di dalam cokelat hitam sangat melindungi tubuh Anda dari poteksi LDL. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa kakao mampu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular sebanyak 50.

Melindungi kulit dari penuaan dini
Karena flavonol mampu meningkatkan aliran darah di dalam tubuh, maka efek ini juga baik untuk melindungi kulit dari penuaan dini, terutama yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Meningkatkan fungsi otak
Kakao mengandung zat stimulan seperti kafein dan theobromine yang baik untuk meningkatkan aliran darah ke otak. Sehingga hal ini berdampak baik pada peningkatan fungsi kognitif, fungsi verbal, dan fungsi otak secara keseluruhan.

Tak hanya lezat, ternyata cokelat hitam juga bermanfaat untuk peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sungguh merupakan cara yang menyenangkan untuk meningkatkan kesehatan bukan?

http://www.merdeka.com/sehat/ini-7-manfaat-kesehatan-cokelat-hitam-yang-harus-diketahui.html

Bynaturael Products:
Natural Hair Care
Body Wash Minyak Zaitun
This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment