Oct 27, 2014

Rosemary, tanaman cantik yang kaya akan manfaat kesehatan



Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Rosemary memang tidak terlalu populer di Indonesia. Namun keberadaan tanaman yang berasal dari daerah Mediterania ini mulai masuk ke Indonesia lewat makanan barat yang saat ini banyak bermunculan.

Sudah sejak lama rosemary dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan selain mampu memberikan aroma dan rasa yang lezat pada makanan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari segarnya rosemary yang wajib untuk Anda ketahui:

·         Rosemary bermanfaat untuk meredakan nyeri otot, meningkatkan sistem peredaran darah, serta memperkuat memori karena rosemary adalah sumber zat besi, kalsium, dan vitamin B6 yang baik.
·         Rosemary merupakan sumber zat anti-oksidan dan anti-inflamasi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menetralkan radikal bebas yang menyerang DNA.
·         Penelitian menunjukkan bahwa rosemary dapat menunda kanker. Sebab rosemary mengandung dua senyawa kimia utama yaitu carnosic dan rosmarinic yang mampu menghambat produksi sel kanker seperti kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker payudara. Rosemary juga dapat mengurangi resistensi terhadap obat kemoterapi.
·         Rosemary mampu meningkatkan memori dan kinerja kognitif Anda. Sebab senyawa di dalam rosemary mampu mencegah pemecahan asetilkolin, zat kimia yang merangsang sel-sel otak untuk peningkatan memori dan penalaran.
·         Rosemary mengandung zat anti-bakteri yang dapat membersihkan darah dan menghambat pertumbuhan bakteri patogen tanpa merusak bakteri menguntungkan dalam tubuh.
·         Minyak rosemary mampu meringankan rasa sakit dari gangguan pencernaan dan kram akibat menstruasi.
·         Selain itu, minyak rosemary juga bermanfaat untuk mengobati masalah kulit seperti eksim dan masalah sendi seperti arthritis.

Itulah beberapa manfaat menyehatkan dari rosemary. Anda pun bisa memasukkan ke dalam daftar tips sehat nan herbal yang bisa Anda coba.

http://www.merdeka.com/sehat/rosemary-tanaman-cantik-yang-kaya-akan-manfaat-kesehatan.html

Bynaturael Products:
Natural Hair Care
Liquid Castile Soap
This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment