Sep 19, 2016

Cara Mengenali Obat Kedaluarsa


Bisnis.com,JAKARTA - Belakangan ini marak beredar kasus toko obat yang menjual obat kedaluarsa. Parahnya, tak sekedar kedaluarsa, tanggal yang menunjukkan masa pakai wajar obat tersebut pun diganti untuk mengelabui konsumen.

Namun, menurut Kombes Pol Fadil Imran, Dir Reskrimsus Polda Metro Jaya pada Rabu (7/9/2016) ada beberapa cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengetahui apakah obat-obatan yang dijual di toko obat masih laik konsumsi atau sudah kedaluarsa.

"Sebenarnya kalau kita teliti dan jeli melihat, sangat mudah," katanya.

Adapun perbedaan antara obat laik makan dan kedaluarsa antara lain adalah huruf atau jenis tulisan (font) penanda kedaluarsa obat terlihat berbeda. Selain font tulisan, ketebalan tulisan yang menyatakan tanggal kedaluarsa yang asli atau yang dicantumkan produsen obat berbeda dengan tebal tulisan apabila digamti oleh oknum nakal.

"Kalau sudah dirubah pasti akan berbeda ketebalan cetaknya, itu kelihatan," katanya.

Selain itu, ada pula perbedaan warna kemasan obat. Menurud Fadil, kemasan obat kedaluarsa cenderung lebih kusam.

Faktor berikutnya adalah faktor harga. Biasanya obat kedaluarsa dijual dengan harga lebih murah meskipun belakangan ada toko yang menyamakan harga obat laik konsumsi dan obat kedaluarsa.

Fadil menambahkan, untuk obat yang paling sering diganti keterangan terkait tanggal kedaluarsanya adalah obat kolesterol, diare, penurun kadar gula, penurun panas, dan penurun tekanan darah.

"Ini kan semua penyakit umum dan sering terjadi di masyarakat kita," katanya.

http://lifestyle.bisnis.com/read/20160908/106/582263/cara-mengenali-obat-kedaluarsa

Bynaturael Products:
Liquid Castile Soap with essential oil
Liquid Castile Soap
This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment