Nov 10, 2015

Tak hanya sehat, berlari menyimpan 5 motivasi hidup ini untuk kita

Reporter : Siti Rutmawati

Merdeka.com - Tentu saja berlari menjadi olahraga yang dipilih oleh banyak orang. Telah banyak para ahli yang mengungkap manfaat sehat dari berlari untuk tubuh kita. Tetapi, lebih dari itu, berlari tidak hanya memberi manfaat bagi kesehatan fisik, tetapi ada banyak pelajaran hidup yang dapat kita ambil darinya. Berikut merupakan lima motivasi hidup yang bisa kita ambil dari berlari.

1. Kita lebih kuat dari apa yang dipikirkan
Sebenarnya tubuh dan pikiran kita mampu melakukan sesuatu yang hebat. Berlari bukanlah perkara yang mudah. Kita membutuhkan sejumlah energi dan kemauan untuk mencapai garis finish tertentu. Hal yang sama juga berlaku dalam hidup kita. Sesuatu yang paling sulit sekalipun akan mampu kita lewati. Hanya saja tinggal kita menentukan untuk melewatinya pada garis finish atau melewatinya dengan berhenti di tengah jalan. Tetapi, berhasil mencapai garis finish jauh lebih memuaskan, bukan?

2. Merawat diri
Ada sebuah istilah yang terkenal di kalangan para pelari yaitu "hitting the wall". Ini adalah istilah yang mengacu pada penurunan nutrisi penting dan bahan kimia saat tubuh dan otot-otot mengalami kelelahan yang ekstrem. Kondisi ini biasanya terjadi saat kita melakukan kesalahan dalam mengonsumsi makanan atau berlatih.

Ini adalah pelajaran mengenai akibat yang terjadi ketika kita tidak memperhatikan kesehatan diri dan bekerja terlalu keras. Ini bukan berarti bahwa bekerja keras itu tidak baik, hanya saja menjaga keseimbangan hidup adalah hal yang penting. Kita dapat bekerja dengan efektif jika tubuh dalam kondisi baik. Oleh karena itu, perhatikan kesehatan diri dengan memperhatikan porsi tidur, asupan makanan dan akan berakhir dengan kerja efektif.

3. 100% kegagalan bagi orang yang tidak mau mencoba
Saat seorang pelari memiliki target garis finish tertentu, walaupun sulit tetapi jika terus berlatih dia akan mampu mencapainya sesuai dengan yang diharapkan. Dan sebaliknya bagi yang tidak pernah mau mencoba, sampai kapanpun dia tidak akan pernah tahu bahwa dirinya punya kemampuan untuk mencapainya. Ini adalah sebuah pelajaran besar bagi kehidupan sehari-hari kita. Takut gagal adalah salah satu fobia yang paling berbahaya dalam hidup. Mungkin kita tak pernah menyadari bahwa ketakutan pada kegagalan sebenarnya merupakan sebuah kegagalan.

4. Ini tentang proses, bukan tentang tujuan akhir
Ya, mencapai garis finish memang penting. tetapi jauh lebih penting dari itu proses mencapainya adalah sesuatu yang berharga. Dari proses tersebut, kita akan belajar mengenai kesalahan, bagaimana memperbaikinya, dan dapat melangkah maju. Bayangkan kembali, bagaimana proses yang kita lalui untuk melewati dan menghadapi sesuatu yang sulit. Jika perasaan kita memiliki wangi, mungkin dia akan menebarkan keharuman pada hati kita. Selain itu, hal ini akan membuat kita tidak mudah menyerah saat menghadapi sesuatu yang sulit.

5. Usia hanya angka
Kamu masih ingat Faruja Singh, bukan? Seorang pelari yang melakukan marathon terakhirnya di usia 101 tahun. Usia tidak menghalangi kita untuk melakukan sesuatu yang bahkan orang lain pikir itu tidak mungkin.

Hal ini mengajarkan kita untuk tidak menghentikan mimpi kita dari melakukan sesuatu yang berharga hanya karena usia. Melakukan sesuatu yang hebat tidak memandang usia berapa kita dan siapa kita. Hanya lakukan, dan jangan menyerah.


Hal yang menarik untuk dipelajari dari berlari, bukan? Pelajaran tentang motivasi hidup dari berlari yang bukan hanya sehat, bagi fisik, tetapi bermanfaat untuk motivasi hidup kita.

http://www.merdeka.com/sehat/tak-hanya-sehat-berlari-menyimpan-5-motivasi-hidup-ini-untuk-kita.html

Bynaturael Products:
Liquid Castile Soap with eseential oil
Liquid Castile Soap
This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment