Apr 28, 2017

10 Manfaat besar makan biji sesawi untuk kesehatan


Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Biji-bijian telah lama dikenal sebagai makanan super sehat. Walaupun bentuknya kecil, namun biji-bijian kaya akan vitamin dan nutrisi yang mampu menyehatkan tubuh Anda secara keseluruhan. Salah satu jenis biji-bijian yang banyak dijumpai adalah biji sesawi atau yang mempunyai nama asing mustard seeds.

Di balik bentuknya yang kecil dan berwarna hitam, biji sesawi tinggi akan manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah manfaat mengonsumsi biji sesawi untu kesehatan.

1. Menurunkan berat badan
Biji sesawi yang kaya akan beberapa vitamin B bermanfaat untuk mempercepat metabolisme tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

2. Memperlambat penuaan dini
Biji sesawi mengandung zat antioksidan flavonoid dan caretonoid yang mampu memperlambat penuaan dini serta menjaga agar kulit awet muda. Selain zat antioksidan, biji sesawi juga tinggi akan vitamin A, C, dan K.

3. Mencegah kanker
Fitonutrien yang ada di dalam biji sesawi mampu mencegah bertumbuhnya sel kanker di kandung kemih, usus besar, dan mampu mencegah kanker serviks. Zat ini juga mampu mencegah terbentuknya sel kanker baru.

4. Menurunkan kolesterol
Bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, sebaiknya perbanyak konsumsi biji sesawi sebab biji ini mampu membersihkan plak yang muncul di arteri darah, mengatur sirkulasi darah, serta menurunkan tekanan darah Anda.

5. Meningkatkan kesehatan jantung
Biji sesawi baik dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung, sebab biji ini mengandung asam lemak omega 3 dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan jantung.

6. Meringankan penyakit asma
Biji sesawi kaya akan selenium dan magnesium yang memiliki sifat anti-inflamasi di dalamnya sehingga dapat meringankan penyakit asma.

7. Meningkatkan kesehatan pernapasan
Selain mencegah asma, biji sesawi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pernapasan dengan menyembuhkan beberapa penyakit pernapasan seperti pilek, batuk, sinus, dan bronkitis.

8. Mencegah sembelit
Biji sesawi terkenal mengandung banyak serat dan zat lendir yang keduanya dapat meningkatkan sistem pencernaan serta meringankan sembelit.

9. Meringankan sakit dan nyeri tubuh
Karena biji sesawi memiliki sifat anti-inflamasi di dalamnya, maka baik untuk meredakan sakit dan nyeri di dalam tubuh Anda. Anda bisa menerapkannya di atas tubuh dengan cara dibuat seperti pasta.

10. Meningkatkan pertumbuhan rambut
Biji sesawi tinggi akan zat besi, kalsium, magnesium, yang semuanya bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami. Anda bisa menjadikan biji sesawi sebagai masker untuk perawatan rambut.

Itulah manfaat besar di balik kecilnya biji sesawi untuk kesehatan tubuh Anda. Tertarik untuk mencoba pengobatan alami ini?

https://www.merdeka.com/sehat/10-manfaat-besar-makan-biji-sesawi-untuk-kesehatan.html

Bynaturael Products:
Liquid Castile Soap










This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment