Apr 12, 2017

Sebaiknya Batasi Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Terhindar dari Kanker Payudara


Andi Annisa Dwi Rahmawati – detikFood

Jakarta - Kanker payudara bisa dicegah dengan mengatur pola makan. 5 makanan ini sebaiknya tak sering dikonsumsi agar terhindar dari kanker payudara.

Sebagai pencegahan, ada baiknya para wanita memperhatikan asupan makanan. Hindari konsumsi makanan yang dirangkum NBC News (10/4) berikut agar risiko kanker payudara berkurang.

1. Daging merah
Konsumsi daging merah seperti steak bisa memicu kanker payudara. Hal ini karena proses pembakaran daging menghasilkan senyawa amina heterosiklik (HCA). Daging merah juga mengandung asam amino yang menstimulasi produksi insulin dan meningkatkan oksidasi dalam tubuh. Keduanya meningkatkan risiko wanita terkena kanker payudara. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan wanita yang makan steak well-done 3 kali seminggu mengalami peningkatan risiko kanker payudara hingga 400 persen. Meski begitu, bukan berarti Anda perlu menghilangkan konsumsi daging merah. Batasi jumlahnya tak lebih dari 170 gram per bulan.

2. Grapefruit
Meski buah identik menyehatkan, konsumsi grapefruit justru bisa tingkatkan risiko kanker payudara. Buah dalam 'keluarga' jeruk ini meningkatkan produksi estrogen yang berhubungan dengan kanker payudara. Studi dalam British Journal of Cancer mengungkap wanita yang makan 1/4 graperfruit atau labih per hari mengalami peningkatan risiko kanker payudara hingga 30 persen. Sebagai alternatif, Anda bisa mengganti grapefruit dengan buah citrus lainnya.

3. Minyak sayur
Minyak sayur termasuk yang berasal dari kedelai, bunga matahari dan jagung, tinggi lemak tak jenuh ganda yang tingkatkan oksidasi penyebab kanker dalam tubuh. Mulailah beralih pada minyak sayur seperti minyak zaitun atau canola. Batasi juga konsumsi makanan yang dibuat dengan minyak sayur seperti mayonnaise, peanut butter, cookies, ataupun muffin.

4. Makanan manis
Makan makanan manis seperti gula, permen, dan minuman soda juga tingkatkan risiko wanita terkena kanker payudara. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Cancer Causes and Control menunjukkan wanita yang banyak mengonsumsi makanan manis berisiko terkena kanker payudara 27 persen lebih mungkin dibanding yang tidak. Hal ini karena karbohidrat olahan yang banyak terkandung dalam makanan manis meningkatkan kadar gula darah, memaksa tubuh melepas insulin. Insulin ini memicu pertumbuhan sel kanker dan mengakibatkan kadar estrogen jadi tinggi, sehingga sebabkan kanker payudara.

5. Daging olahan
Suka sosis, bacon, atau ham? Batasi konsumsinya agar Anda terhindar dari kanker payudara. Para peneliti menduga senyawa yang digunakan sebagai pengawet pada daging olahan inilah yang memicu kanker.

https://food.detik.com/read/2017/04/10/175702/3470597/900/6/sebaiknya-batasi-konsumsi-5-makanan-ini-agar-terhindar-dari-kanker-payudara

Bynaturael Products:
Liquid Castile Soap










This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment