Jul 5, 2017

10 Hal yang bikin rambut indahmu tiba-tiba rontok


Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Kerontokan rambut adalah hal yang biasa terjadi. Sebabnya rambut yang baru akan menggantikan keberadaan rambut yang sudah tua atau usang. Namun saat jumlah rambut rontok termasuk dalam golongan abnormal, maka kamu wajib berhati-hati.

Ingin tahu faktor apa sajakah yang bikin rambut tiba-tiba rontok? Ini dia penjelasannya seperti yang dilansir dari boldsky.com.

1. Terlalu banyak vitamin A
Batas konsumsi vitamin A yang bisa ditoleransi tubuh paling banyak adalah 10.000 IU per hari. Jika melebihi dari batas tersebut, maka akan menyebabkan efek samping. Salah satunya adalah rambut rontok.

2. Kekurangan protein
Saat tubuh tidak cukup protein, maka akan mulai mengambil protein yang ada di folikel rambut. Alhasil, rambut pun jadi mulai rontok.

3. Perubahan hormon
Tingkat estrogen dalam tubuh wanita akan berubah selama kehamilan dan menopause. Efek buruknya adalah rambut yang rontok.

4. Anemia
Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan rambut tubuh. Alasannya karena anemia membuat tubuh kekurangan darah, maka tubuh juga tidak memiliki asupan oksigen dan zat besi yang memiliki fungsi vital untuk menjaga pertumbuhan rambut agar tetap berlangsung baik.

5. Hipotiroidisme
Hipotiroidisme adalah sebutan untuk kurang aktifnya kelenjar tiroid yang kemudian mengurangi kemampuan tubuh untuk menumbuhkan sel. Rambut jadi mudah kering, rapuh, dan akhirnya rontok. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita.

6. PCOS
PCOS atau Polycystic Ovarian Syndrome dapat menyebabkan tubuh kelebihan androgen atau hormon pria. Jika folikelmu peka terhadap hormon ini, maka bisa membuat rambut jadi rontok.

7. Penuaan
Folikel rambut akan bertambah kecil seiring bertambahnya usia. Akibatnya folikel juga bisa berhenti memproduksi rambut yang membuat rambut jadi rontok. Hal ini berlaku baik pada pria maupun wanita.

8. Penurunan berat badan mendadak
Tekanan yang terjadi pada tubuh karena penurunan berat badan mendadak akan menyebabkan folikel rambut beralih ke fase istirahat. Tak heran, rambut pun bisa rontok.

9. Keturunan
Keturunan bisa membuat rambut rontok, terutama pada kasus kebotakan yang terjadi pada pria.

10. Stres
Daya stres tingkat tinggi, membuat sistem kekebalan tubuh tubuh menurun yang kemudian menyerang folikel rambut. Akhirnya, rambut pun rontok.

https://www.merdeka.com/sehat/10-hal-yang-bikin-rambut-indahmu-tiba-tiba-rontok.html

Bynaturael Products:
Liquid Castile Soap









This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment