Dec 16, 2014

7 Fakta Unik yang Membuat Otak Manusia Istimewa


Yulida Medistiara – detikHealth


Jakarta - Bentuknya seperti kembang kol basah, tetapi otak manusia berjuta kali lebih efisien dari pada komputer dengan ukuran sama. Otak manusia mengatur seluruh pergerakan yang kita lakukan, memproduksi semua ucapan yang kita keluarkan, perasaan, dan ingatan.

Salah satu bagian otak paling penting adalah materi abu-abu atau grey matter. Bagian ini bertugas untuk menciptakan kreativitas dan ide.

Di dalam buku Superhuman Encyclopedia, Profesor Lord Robert Winston menjelaskan ada 125 triliun jaringan sel otak, dan di dalam satu otak manusia terdapat sel saraf yang jika dibentangkan dari ujung ke ujung akan menunjukan jarak 620 mil, setara dengan jarak dari London ke Berlin.

Berikut ini ungkapan Profesor Lord Winston tentang fakta unik yang tidak pernah Anda ketahui tentang otak, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (20/11/2014).

1. Lebih dari 75% otak manusia mengandung air
Otak manusia mengandung kurang lebih 100 juta sel saraf (neuron). Pada setiap bagiannya terdapat sel-sel kecil yang lebih kecil dari pada sel-sel kulit yang tak terlihat ketika Anda bertepuk tangan, sekitar lebih dari 2000 jaringan terkoneksi dengan sel saraf lain.

Otak kita hanya memiliki berat 1400 gram, sementara otak wanita rata-rata memiliki berat dua setengah ons lebih kecil daripada otak lelaki, tapi bukan berarti otak laki-laki lebih cerdas atau lebih ahli.

2. Bagian terpenting tubuh manusia
Di zaman kerajaan Mesir kuno, orang-orang terhormat dibungkus miselium (berbentuk mumi), biasanya mereka membiarkan jantungnya di tubuh, sementara otaknya dibuang setelah menggeseknya melalui lubang yang dibor di belakang mulut dan hidung.

Mereka belum mengerti bahwa pusat kehidupan manusia ada di dalam otak sampai suatu hari, Hippocrates menemukan pengobatan modern yang akhirnya mengetahui otak sebagai bagian yang paling penting.

"Di dalam otak manusia ditemukan perasaan senang, kebahagiaan, tawa, kesedihan, rasa sakit, rasa khawatir dan rasa takut, serta kesalahan dan prestasi," ucap Hippocrates.

3. Terus membesar asal mau belajar
Para ilmuwan dari Universitas College di london memberikan bukti tentang bagaimana belajar dan mengingat mengakibatkan pertumbuhan otak.

Dr Eleanor Maguiner bersama timnya mengscan bagian hippocampus sebagai pusat memori dalam otak di London cab drivers. Ternyata, bagian belakang pada organ ini membesar dan tumbuh lebih besar saat sedang belajar ilmu pengetahuan.

David Cohen, supir taksi yang telah discan otaknya mengatakan, "Saya tidak pernah membayangkan bahwa sebagian otak saya tumbuh."

4. Kepribadian merupakan salah satu peran utama otak
Sebagian faktor genetik mempengaruhi anak-anak, selain itu kepribadian seseorang juga dipengaruhi oleh pengalaman dan kemampuan menyerap anak selama masa kanak-kanak. Para psikolog membagi kepribadian seseorang menjadi 5 sifat, yaitu kepribadian terbuka, kepribadian teliti, extrovert, ramah, dan neurotitisme.

5. Pusat kecerdasan
Albert Einstein, mungkin menjadi pemikir terbesar sejak abad lalu, tetapi pada masa kecilnya ia menunjukan sedikitnya bakat intelektual.

Albert Einstein terkenal setelah ia memproduksi teori fisika modern lebih dari 300 karya tulis ilmiah dan mendapatkan hadiah Nobel. Setelah 7 jam kematiannya, Dr Thomas Harvey, seorang ahli pathologi mencoba membagi otak Einstein menjadi 240 blok. Lalu, ia menghabiskan berminggu-minggu untuk meneliti potongan-potongan kecil tersebut memakai microscope untuk mengetahui apa yang membuat Einstein menjadi lebih spesial. Namun, ia menilai otak Einstein tidak jauh berbeda dengan otak orang lain dengan jumlah sel yang sama.

Akhirnya, Dr Thomas menaruh bagian-bagian otak tersebut kedalam dua toples kaca yang berdebu dan meletakannya di rak laboratorium. Dua puluh tahun kemudian, toples tersebut ditemukan di sebuah kotak yang sudah babak belur bertanda 'Costa Cider'.

6. Kerusakan otak pada bayi prematur
Profesor David Edwards di rumah sakit Hammersmith, London, mengatakan hal mengejutkan, "Daripada bayi yang baru lahir dibungkus secara hangat, lebih baik mendinginkan kepala mereka untuk mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Penelitian yang sebagian penelitiannya didanai Genesis Research Trust, Profesor Philip Bennet dari rumah sakit Hammersmith menyatakan, "Penelitian ini meneliti bayi yang lahir prematur dan cara mengurangi angka kerusakan otak pada bayi."

7. Penurunan fungsi otak sebabkan pikun
Sekitar 3% dari orang yang berusia 65 hingga 75 tahun terpengaruh, sementara pada usia 85 tahun hampir 50% di antaranya merupakan penyandang dementia atau pikun.

Alzheimer adalah jenis yang paling umum dari dementia, yang merupakan permasalahan besar yang berkembang di dunia. Hal ini menyebabkan penyusutan otak, khususnya pada bagian hippocampus. Obesitas pada usia menengah berpotensi meningkatkan risiko.

Sering bermain puzzle, sudoku, dan permainan yang memerlukan pemikiran otak mampu menurunkan risiko terkena alzheimer. Serta, olahraga yang teratur dapat membantu menaikan aliran darah dan mengatur sirkulasi hormon menjadi lebih baik.

http://health.detik.com/read/2014/11/20/094117/2753711/763/8/7-fakta-unik-yang-membuat-otak-manusia-istimewa

Bynaturael Products:

Liquid Castile Soap with essential oil
Liquid Castile Soap
This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment