Mar 5, 2015

5 Alasan untuk tidak 'putus hubungan' dengan kopi


Reporter : Kun Sila Ananda

Merdeka.com - Kopi telah menjadi sahabat bagi banyak orang. Terutama bagi mereka yang suka begadang dan membutuhkan energi ekstra. Meski begitu, kopi masih sering diragukan kredibilitasnya sebagai salah satu minuman sehat. Tak sedikit orang yang sudah memutuskan hubungan dengan kopi karena minuman ini tak ramah pada lambung mereka.

Kafein di dalamnya juga seringkali dituduh sebagai penyebab ketergantungan pada kopi. Jika Anda termasuk orang yang sedang berpikir untuk putus hubungan dengan kopi, coba pikir ulang. Minuman hitam ini masih bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dalam kopi yang alan membuat Anda menyesal jika putus hubungan dengannya, seperti dilansir oleh Pop Sugar (17/02).

1. Meredakan nyeri otot
Minum kopu sebelum berolahraga atau nge-gym terbukti bisa meredakan dan mencegah rasa sakit pada otot setelah berolahraga. Sebuah penelitian dari University of Georgia menemukan bahwa mengonsumsi kafein dalam kopi secukupnya bisa meredakan rasa sakitnya hingga 50 persen.

2. Tingkatkan daya ingat
Terdapat sebuah penelitian yang mengungkap bahwa kafein dalam kopi memberikan efek positif pada kemampuan ingatan, terutama pada pasien Alzheimer. Penelitian ini menunjukkan bahwa pasien Alzheimer yang minum kopu mengalami penurunan jumlah protein dalam otak yang berkaitan dengan penyakit tersebut.

3. Mencegah konstipasi
Ya, tak hanya buah-buahan berserat saja yang bisa membantu Anda mencegah konstipasi. Minum kopi hangat juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah konstipasi. Kopi sendiri diketahui sebagai stimulan kuat untuk kontraksi otot dan pergerakan sistem pencernaan.

4. Mencegah penyakit
Antioksidan dalam kopi telah diketahui bisa menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, beberapa jenis kanker, batu ginjal, dan Parkinson. Ini mungkin tak terlihat saat ini, namun di masa depan, Anda akan berterima kasih karena kopi menurunkan risiko terkena masalah kesehatan tersebut.

5. Meningkatkan stamina
Bukan rahasia lagi bahwa kopi memberikan energi dan stamina ekstra untuk tubuh. Penelitian mengungkap bahwa minum secangkir kopi sebelum beraktivitas, baik aktivitas fisik seperti olahraga atau bekerja bisa meningkatkan ketahanan tubuh dan stamina.

Tentu saja, meski mengandung banyak manfaat kopi memang bukan minuman ajaib yang benar-benar baik untuk kesehatan. Minum terlalu banyak kopi bisa meningkatkan tekanan darah, mengganggu tidur, menyebabkan sakit kepala, dan lainnya. Namun bukan berarti Anda harus menghindari kopi selamanya. Minum kopi dalam jumlah yang cukup untuk mendapatkan manfaat sehatnya di atas.

http://www.merdeka.com/sehat/5-alasan-untuk-tidak-putus-hubungan-dengan-kopi.html

Bynaturael Products:
Sabun mandi minyak zaitun
Liquid Castile Soap
This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment