Mar 3, 2015

6 Fakta Menarik Tentang Hidung Manusia


Hestianingsih – wolipop

Jakarta - Hidung manusia berfungsi sebagai indera penciuman, bernapas, menyaring udara kotor dari luar juga membedakan aroma dan rasa pada lidah. Mungkin hanya sedikit dari Anda yang tahu bahwa hidung bisa membuat orang jatuh cinta bahkan 'mencium' adanya bahaya. Tidak hanya itu saja, banyak fakta-fakta menarik lain tentang hidung yang mungkin belum banyak orang ketahui. Apa saja?

1. Bisa Mendeteksi 1 Triliun Jenis Aroma yang Berbeda
Hidung kita memiliki sekitar 400 reseptor yang bisa mengidentifikasi sedikitnya satu triliun aroma yang berbeda. Hal itu terungkap lewat studi yang dilakukan peneliti di Rockefeller University, New York. Dalam penelitian sebelumnya, diperkirakan bahwa manusia hanya mampu membedakan 10 ribu jenis bau-bauan namun sering berkembangnya teknologi, jumlah itu bertambah.

2. Hidung Manusia Bisa Mencium Emosi
Tidak hanya aroma atau wewangian, manusia juga bisa merasakan emosi leway indra penciumannya. Penelitian di Utrecht University, Belanda menemukan bahwa manusia bisa mendeteksi berbagai macam emosi dengan mencium senyawa kimia atau hormon yang dilepaskan tubuh. Ya, manusia bisa merasakan emosi manusia lainnya juga. Misalnya rasa takut atau jijik bisa diketahui dengan mengendus pakaian atau keringat karena aromanya akan berbeda dari emosi yang normal.

3. Aroma Bayi yang Baru Lahir Membuat Ketagihan
Ada alasan kenapa bayi-bayi baru lahir memiliki aroma yang membuat orang ingin terus di sampingnya dan menciuminya. Aroma bayi yang baru lahir ternyata bersifat adiktif atau membuat ketagihan. Sebuah studi menemukan bahwa aroma bayi memicu bagian otak pada manusia, khususnya wanita yang mengatur rasa senang dan nyaman. Bagian otak ini memproduksi dopamine, hormon yang juga diproduksi ketika Anda berhubungan seks, makan makanan lezat atau mengonsumsi obat penenang.

4. Cara Anda Bersin Dipengaruhi Genetik
Bagaimana ketika Anda bersin? Menutupinya dengan tangan, suara bersin yang tertahan, bersin terjadi begitu saja, bersin menimbulkan suara berisik atau bersin yang tidak bisa berhenti? Cara seseorang bersin ternyata sedikit banyak dipengaruhi oleh faktor genetik. Sebuah studi menunjukkan bahwa gaya bersin seseorang mungkin merupakan kebiasaan yang diturunkan dari generasi ke generasi.

5. Lendir atau Ingus adalah Pelindung Hidung
Lendir atau ingus yang kerap kali muncul saat seseorang pilek atau flu dianggap banyak orang sangat mengganggu dan menjijikkan. Tapi ingus sebenarnya punya fungsi yang sangat penting. Ketika udara masuk melalui hidung, cairan kental pada hidung akan membuat lapisan yang menghalangi debu dan mikroba masuk ke saluran pernapasan dan tubuh. Bisa dibilang, fungsi lendir ini sebagai penyaring udara dari kuman, debu dan bakteri penyebab infeksi atau alergi.

6. Kemampuan Penciuman Bisa Berkurang
Sensitivitas hidung dalam membedakan berbagai jenis aroma bisa menurun seiring bertambahnya usia. Manusia umumnya kehilangan sebagian kemampuannya untuk mengenali bau setelah usia 65. Ketika memasuki usia 80-an tahun, kemampuan mencium aroma bisa berkurang hingga 50 persen.

http://wolipop.detik.com/read/2015/01/10/144818/2799583/1135/6-fakta-menarik-tentang-hidung-manusia

Bynaturael Products:
Body wash minyak zaitun
Sabun cair minyak zaitun
This document is provided for reference purposes only and not necessarily reflect the opinion of bynaturael’s team . Train your mind to test every thought and keep on searching the final truth that satisfies the conscience inside you. Please visit our blog: bynaturael.blogspot.com

No comments:

Post a Comment